Perkembangan Iklan Facebook

Perkembangan-Iklan-Facebook
Saat ini Indonesia telah menempati peringkat keempat dengan total pengguna Facebook terbanyak di dunia, yaitu berjumlah 47. 165. 080 pengguna. Hal tersebut menandakan bahwa Jejaring sosial Facebook dianggap telah memiliki fungsi dan manfaat yang sudah dirasakan oleh banyak masyarakat di Indonesia. Manfaat dan fungsi tersebut antara lain adalah fungsi untuk menambah teman, menghubungkan dengan teman lama, bersosialisasi, mencari hal baru, dan lain sebagainya. Fakta tersebutlah yang membuat Facebook dilirik oleh para perusahaan, organisasi, atau perseorangan untuk menjadi media dalam mempromosikan sesuatu atau mengiklankan sesuatu dengan fitur yang ditawarkan oleh Facebook yaitu dengan menggunakan Iklan Facebook atau Facebook Ads.
Segala bentuk bidang usaha sudah mulai melirik dan melakukan pengiklanan dengan media baru ini, seperti perusahaan yang menjual produk dan jasa, perusahaan online, dan perusahaan lainnya dari yang berskala kecil hingga yang berskala besar. Harga yang murah, target khalayak yang dapat diatur sesuai kebutuhan, dan sifat khalayak yang aktif membuat Facebook dapat dijadikan salah satu alternatif iklan di teknologi media baru yang dianggap efisien dan praktis. Selain kelebihan-kelebihan yang sudah dijelaskan sebelumnya, Iklan Facebook juga memiliki satu kelebihan yang tidak boleh dilupakan, yaitu kemudahan dalam perancangan dan pengawasan. Perancangan atau pembuatan iklan di Facebook dapat dikatakan mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja dan di mana saja tanpa harus melewati regulasi-regulasi yang memberatkan selain regulasi dari pihak Facebook sendiri yang pada kenyataannya tidak terlalu dijadikan suatu permasalahan yang cukup berarti. Para pengiklan juga dapat dengan mudah mengawasi dan menilai apakah iklan yang mereka buat berhasil atau tidak di mana saja, tanpa harus melakukan hal-hal yang rumit dan berbelit-belit. Situs jejaring sosial ini juga dapat dikatakan sebagai tempat atau sarana berkomunikasi antara satu orang dengan orang lain, dan antara satu anggota dengan anggota lainnya sehingga banyak anggota atau individu yang terkumpul di dalam Facebook ini. Kenyataan itulah yang membuat Facebook menjadi salah satu tempat memasarkan atau promosi yang potensial saat ini.

Melakukan promosi dengan menggunakan fitur iklan Facebook tentunya memiliki kelebihan, seperti dapat berpromosi sekaligus menambah relasi dan pertemanan dengan masyarakat luas di Facebook mengingat Facebook adalah situs jejaring sosial yang memungkinkan para penggunanya untuk dapat berinteraksi satu sama lain tanpa memikirkan ruang dan waktu, selain itu media jejaring sosial ini juga dapat menjangkau khalayak yang sangat luas hingga seluruh dunia, hal tersebut membuat produk atau jasa yang dipasarkan dapat dikenal oleh khalayak yang lebih luas pula.

Untuk melihat perusahaan apa saja yang sudah atau sedang menggunakan fitur iklan Facebook sangatlah mudah, para pengguna dapat melihatnya dengan cara melihat bagian kanan Facebook yang sudah dimilikinya. Iklan yang terlampir di Facebook masing-masing pengguna sangatlah beragam, hal itu karena Perusahaan yang menggunakan layanan iklan Facebook ini juga beragam. Kemampuan Iklan Facebook untuk memiliih sendiri karakter khalayak yang ingin dijadikan target khalayaknya membuat iklan yang terlampir di masing-masing individu juga berbeda-beda, seperti contoh iklan yang terlampir di Facebook untuk anak berusia 12 tahun akan berbeda dengan iklan yang terlampir untuk Facebook pengguna yang berumur 30 tahun. Iklan Facebook untuk anak usia 12 tahun mungkin saja melampirkan iklan-iklan seperti buku sekolah, mainan, dan tempat rekreasi, dan tentunya akan berbeda dengan iklan yang terlampir untuk pengguna yang berumur 30 tahun yang mungkin saja akan dilampirkan iklan toko baju online, obat kecantikan, dan lain sebagainya.

Salah satu kekurangan dari iklan Facebook terletak di sarana akses khalayaknya, hal tersebut terjadi karena hingga saat ini iklan Facebook hanya dapat ditampilkan di Facebook yang diakses melalui PC atau Laptop dan tidak dapat diakeses oleh device lainnya seperti telepon genggam, Tablet PC, Android, Blackberry, dan lain sebagainya. Hal tersebut tentunya paling tidak dapat mengurangi daya penyebaran iklan Facebook itu sendiri. Sehingga diharapkan Iklan Facebook suatu saat dapat dikembangkan agar iklan Facebook dapat diakses dan dilihat dengan menggunakan device yang tidak hanya komputer atau laptop saja.

Download-Tutorial-Iklan-Facebook